Iis Rosita Dewi, isteri Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo ikut ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sepulang dari kunjungannya ke Amerika Serikat (AS). Iis Rosita Dewi diketahui merupakan anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra.

Iis sendiri menggunakan nama 'Iis Edhy Prabowo' di situs resmi DPR maupun di akun media sosial miliknya. Iis Rosita Dewi tercatat sebagai anggota Fraksi Gerindra (parpol yang sama dengan suaminya) dari daerah pemilihan Jawa Barat II.

Iis Rosita Dewi saat ini duduk di Komisi V DPR yang membidangi perhubungan hingga pekerjaan umum. Dengan demikian, dia tidak bermitra langsung dengan suaminya yang merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan di Komisi IV.

Saat dilantik, Iis sempat mengemukakan keinginannya menyuarakan hak-hak perempuan. Kala itu, dia mengungkapkan semangatnya bermitra dengan sang suami yang ada di pihak eksekutif, yaitu sebagai menteri.

"Jika selama ini saya mendukung peran suami saya (Edhy Prabowo) yang sudah jauh lebih dahulu menjadi anggota legislatif dari belakang, mulai hari ini, sejak dilantik menjadi anggota DPR RI, kami akan bermitra dan berjalan berdampingan untuk ikut menyuarakan aspirasi masyarakat luas, khususnya yang berada di dapil kami masing-masing," ujar Iis (01/10/2019) seperti dikutip dari situs resmi DPR.

Berdasarkan situs resmi DPR, Iis Rosita Dewi bersekolah di SDN 01 Pagi Jakarta, SMPN 49 Jakarta, SMAN 14 Jakarta, S1 Sastra Inggris, STBA LIA Jakarta, S2 Manajemen SDM, Universitas Trilogi.

Dalam berorganisasi, Iis Rosita Dewi pernah menjabat sebagai Ketua RINDRA DPR RI, Tahun 2018, Ketua Pembina PIRA JABAR Tahun 2017, sebagai Ketua KOMUNITAS MOJANG PRIANGAN Tahun 2017, sebagai Anggota PIRA DPR-RI Tahun 2014-2018, sebagai Sekretaris PIRA DPR-RI Tahun 2010-2014, Anggota Persaudaraan Isteri Anggota DPR RI Tahun 2009, dan sebagai Anggota Perempuan Indonesia Raya tahun 2009-2017.

Sebelumnya diberitakan, KPK menangkap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pada malam dini hari tadi. Selain Edhy Prabowo, KPK menangkap sejumlah orang. Penangkapan ini terkait ekspor benur lobster.

"Benar kita telah mengamankan sejumlah orang pada malam dan dini hari tadi," kata Wakil Ketua KPK Nawawi Pamolango, Rabu (25/11/2020).

Penangkapan terjadi di Bandara Soekarno-Hatta. KPK juga menangkap istri Edhy Prabowo, Iis Rosita Dewi.