Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin sudah genap berusia satu tahun. Dorongan untuk segera memperbaiki mesin agar bisa melaju kencang.

Menariknya, dorongan untuk melakukan reshuffle muncul dari kelompok relawan yang dinaungi kalangan aktivis ’98, Relawan Jokowi Mania (Joman).

Ketua Relawan Joman, Imanuel Ebenezer menilai ada sejumlah menteri yang tidak layak bertahan lagi. Para menteri tersebut harus segera dicopot agar tidak menjadi beban negatif bagi pemerintah.



Secara khusus, Imanuel Ebenezer menyoroti adanya sejumlah menteri yang harus dicopot usai gagal membangun komunikasi baik terkait omnibuslaw UU Cipta Kerja. Jika mereka dipertahankan, kata pria yang akrab Noel itu, justru akan membuat citra Jokowi menjadi terpuruk.

"Harus ada penyegaran agar pemerintahan ini berjalan sebagaimana mestinya. Menteri-menteri itu gagal mengeksekusi kebijakan pro rakyat an nawacita Jokowi," papar Noel dikutip RMOL.

Namun demikian, Noel tidak langsung membeberkan siapa nama menteri yang harus dicopot Jokowi. Dia hanya menegaskan bahwa nama-nama itu akan dirilis dalam waktu dekat.

"Tunggu tanggal mainnya. Kita akan merilis nama-nama menteri itu secepatnya," ungkap aktivis ’98 ini.



Perombakan penting dilakukan agar kepercayaan publik pada Presiden Joko Widodo bisa kembali. Jokowi perlu memasukkan menteri-menteri pekerja keras, tidak kikuk dalam bekerja, dan tidak takut Covid-19.

"Sekarang ini ada menteri yang sudah tak bersemangat kerja, kebingungan mau melakukan apa atau bahkan ketakutan kena Covid. Jadi harus diganti segera," kata Noel

“Presiden Jokowi juga membutuhkan menteri yang presiden man (orang presiden) bukan bisnis man (orang pebisnis),” tutupnya.