Internal koalisi pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin bakal goyang. Pasalnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto tiba-tiba lempar sinyal ada menteri Jokowi sedang mengambil ancang-ancang maju di Pemilu 2024.

Tangan kanan Megawati itu mengatakan, menteri itu disebut terlalu berimajinasi mempersiapkan diri menjadi Presiden sambil gencar membangun citra. Hasto meminta menteri tersebut fokus pada tugas utamanya sebagai pembantu presiden dan menghentikan segala pencitraan yang dilakukan.

Menurut dia, yang dibutuhkan Indonesia sekarang adalah totalitas, gotong royong dan terobosan pemerintah agar cepat keluar dari krisis akibat pandemi Covid-19.



"Totalitas jajaran kabinet sangat penting. Karena itulah ketika ada indikasi menteri yang terlalu berimajinasi pada kontestasi Pemilu 2024, dan melupakan tugas dan tanggung jawab utamanya sebagai pembantu Presiden, sebaiknya segera menghentikan seluruh gerak pencitraannya, dan menempatkan kejar prestasi sebagai bagian budaya kerja. Sebab soliditas dan daya juang para menteri di tengah pandemi ini sangat penting," kata Hasto, Selasa (20/10).

Pengamat Politik Universitas Al Azhar, Ujang Komarudin mengatakan, menteri harus menunjukkan kinerja apik bila ingin berimajinasi menjadi Presiden atau Wapres. Publik akan menilai rekam jejak si capres jauh sebelum pemilu berlangsung.



"Itu semua hak menteri itu. Tapi bekerja dulu yang baik," jelas dia.

Sedangkan, soal sasaran 'tembak' dari ucapan Hasto, Ujang memprediksi ada empat nama menteri. Mereka adalah Menhan Prabowo, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menko Ekonomi Airlangga.